14/07/2014

Kultum 3 Menit Aja

Karena sekarang lagi bulan puasa, saya mau memberikan sedikit tips-tips biar puasanya lancar. Terutama di waktu-waktu pembalasan (baca: makan).

Tips berbuka:
1. Waktu beli takjil jangan lapar mata. Ingat, tidak ada hal baik dari sesuatu yang berlebihan, seperti punya selingkuhan lebih dari 1. Jadi ada temen saya pernah kalap gitu waktu beli takjil, dia beli macem-macem gorengan. Pas disajikan di kosan, sisa gorengannya banyak dan nggak ada yang mau habisin soalnya udah pada kenyang. Akhirnya pun dibuang, nah sayang kan kalo seperti itu jadi mubadzir. Lebih baik beli secukupnya saja tapi jangan pelit-pelit amat lah.
2. Jangan langsung makan banyak makanan berat waktu berbuka. Ini kenapa? Ini supaya waktu tarawih kamu tidak ngantuk dan nggak ndengerin ceramah karena ketiduran. Lagian kalo tarawih pas perut lagi kenyang-kenyangnya juga nggak enak, kan? Mending masjid di deket rumah 8 rekaat aja. Lha di Semarang, tempat kerja praktek, ada yang 20 rekaat. Nah gimana itu?
3. Berbukalah dengan yang manis. Seperti kurma, teh anget manis. Kalo kamu diabetes, bisa makan kurma aja solanya gula di buah kan gula alami. Bukan gula sakarin kayak yang di minuman2 ringan anak2 SD. Eh tapi walaupun manis ya jangan minum Sprinta atau Finto juga, atau apapun yang bersoda, soalnya perut kamu masih kosong dan nggak bagus kalo langsung dihantam soda.

Tips sahur:
1. Biarpun kamu masih kenyang karena tadi malem udah makan banyak, sahur itu tetep penting. Soalnya sahur itu sebagai pengganti sarapan. Kamu tau kan kalo nggak sarapan seharian bisa lemes. Pas puasa bisa double lemesnya malah. Jadi tetap sahur entah itu buah sama teh atau pizza sama sate kerang sama gado-gado. Kombinasi makanan yang aneh.
2. Minum air putih dua gelas atau lebih tapi jangan sampai badan kamu isinya air semua kayak gelonggongan. Toh nanti pas habis sahur (biasanya pas bangun subuhan), semua air itu bakal dikeluarin jadi kencing seperti air terjun 7 tingkat yang deras.
3. Biasakan sikat gigi setelah sahur. Biar bersih aja dan mulutnya wangi jadi kamunya pede seharian. Soalnya ada yang bilang kalo sikat gigi pas puasa itu makruh. Jadi yaaa...

Udah gitu aja tips-nya. Yang punya tips lain bisa komen di bawah ini yaaa. Atau kalo mau lebih privat, bisa kontak saya lewat Line atau DM aja di Twitter, nanti saya bales (lho kok jadi modus).
Ramadan Mubarak y'all!

1 comments:

any riaya said...

kapan-kapan coba bikin pizza topping sate kerang atau gado-gado gitu, Ga. Sapa tau bakal ngehits.

Post a Comment